Tuesday, June 9, 2009

apa yang membuat PC anda rewel???

{{halloo..tolong bro, kompie ku tiba-tiba hang nehh..padahal lagi dipakai buat tugas, besok pagi jam 7 harus presentasi...}}
curhatan seorang teman lewat telpon jam 1 malam..


terkadang kita kurang memahami apa yang ada dalam komputer kita, semua saling terhubung antara mainboard, power supply, processor, RAM, monitor, bahkan chasing yang tertutup rapat pun mempengaruhi komputer kita, so..bagaimana supaya hal-hal tersebut tidak terjadi??? kadang kita sering menganggap remeh yang terjadi, ya kalau pas terjadi trouble waktu kita tidak terlalu membutuhkan komputer, kalau sudah seperti cerita diatas, so what??? semuanya bisa kacau..

so..apa yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi semua kekacauan ini, karena semuanya bisa terjadi baik pada PC maupun laptop anda>>>

1. cek arus listrik di rumah anda
ini yang sering kita lewatkan, terlalu percaya dengan pelayanan PLN, ada baiknya kita sebagai konsumen juga mengecek ulang apakah di rumah/kantor kita listrik yang terpasang benar-benar oke atau tidak, terkadang ada yang begitu kita menyalakan alat elektronik di rumah ada sedikit kedipan lampu, itu pertanda bahwa ada ketidak beresan pada listrik rumah, atau juga karena terlalu berat beban pada alat elektronik yang kita nyalakan tersebut, atau bahkan untuk menyalakan televisi 14inch saja listrik di rumah mati/anjlok..duhh..bahaya kaann..lama-lama bisa rusak mendadak kompi anda
kemudian, bagaimana cara menangani ini???..

jika yang terjadi lampu di rumah anda kedip saat menyalakan alat elektronik maka cek kembali tegangan pada alat tersebut, jika dirasa semuanya beres, maka anda bisa komplain pada pihak PLN, biasanya rangkaian kabel utama yang berkarat dan menghambat jalannya arus listrik ke rumah anda, ingat..jangan diperbaiki sendiri, karena hal tersebut adalah wewenang pihak yang berwajib, bisa-bisa anda kena setrum bagi yang kurang berpengalaman, karena letaknya sebelum meteran listrik anda..hubungi pihak yang bersangkutan..

solusi untuk komputer??
pasang stabilizer
perlu diingat, bahwa stabilizer yang kita punyai di rumah, bisa jadi bukan stabilizer beneran (aspal), kita banyak terkecoh harga murah, padahal jika kita buka dan liat isi dalamnya hanya terdapat rangkaian volmeter, bukan stabilizer !!!..
dan perlu diingat juga mungkin yang kita punya adalah model soft-start, itu bukan stabilizer, tapi rangkaian supaya waktu kita menyalakan alat elektronik tidak terlalu menyedot beban yang berat..
seperti apa stabilizer sebenarnya??
stabilizer yang baik adalah yang terdiri dari rangkaian listrik berupa kumparan dan motoran listrik di dalamnya, jika kita nyalakan akan ada suara seperti suara dinamo yang bekerja, ini berfungsi untuk mengangkat secara otomatis listrik yang drop, itu baru namanya penyetabil tegangan..memang jika kita lihat di pasaran, harga stabilzer yang ini harganya relatif mahal, bisa 5-7x lipat dari stabilizer aspal, tetapi untuk sesuatu yang akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar di suatu hari, kenapa tidak??? ada alternatif lain..

UPS (Uninteruptible Power Supply)
adalah alat penyimpan sementara arus listrik, ini berupa batere yang dikonversikan ke listrik AC (seperti listrik rumah), jadi waktu terjadi tegangan drop pada listrik utama atau mati lampu secara tiba-tiba, UPS ini akan bekerja, lumayan untuk sekedar simpan dokumen dan mematikan komputer anda secara aman, sehingga komputer anda bisa aman dari drop nya listrik.

No comments:

Post a Comment